Pengertian Cyber Crime Dan Jenis-jenisnya

Pengertian Cyber Crime Dan Jenis-jenisnya

Pengertian Cyber Crime Dan Jenis-jenisnya – Jika kalian adalah seseorang yang sudah lama sekali berkecimpung di dunia computer, sepertinya sudah tidak asing lagi dengan istilah kejahatan computer atau cyber crime. Bagi kebanyakan orang yang tidak begitu peduli dengan istilah-istilah mengenai computer tentu akan masih sangat asing dengan istilah cyber crime tersebut, namun bagi mereka pengguna computer yang sudah paham betul terlebih lagi mereka juga mengenal dunia maya dengan baik tentu akan sangat akrab dengan istilah cyber crime itu. Akan tetapi tahu saja tidak cukup, semestinya kita juga harus tahu mengenai Pengertian Cyber Crime Dan Jenis-jenisnya lebih jauh lagi, mulai dari Apa Itu  Cyber Crime dan Jenis-jenisnya.

Cyber Crime adalah sebuah istilah yang lebih mengacu pada sebuah aktivitas kejahatan yang secara keseluruhan dilakukan di dunia maya atau di dunia cyber dengan menggunakan computer beserta teknologi-teknologi yang ada sekarang. Jadi intinya, Cyber Crime adalah kejahatan di dunia maya.

Cyber Crime sendiri ada bermacam-macam, ada penipuan e-commerce, pemalsuan cek, penipuan kartu credit, confidence fraud, prnipuan identitas, kasus pronografi , pembobolan uang di rekening, pembobolan server, pencurian data dan masih banyak lagi macam-macamnya. Semua itu dilakukan dengan memanfaatkan teknologi computer dan jaringan internet dan para pelaku kejahatan dunia maya tersebut bisa melakukan penyamaran atau mampu menyusup ke dalam sebuah system yang mereka jadikan target. Bahkan para pelaku Cyber Crime tersebut mampu meciptakan sebuah malware untuk sebuah kejahatan tertentu.

Pengertian Cyber Crime Dan Jenis-jenisnya
Pengertian Cyber Crime Dan Jenis-jenisnya

Awal mula munculnya Cyber Crime ini pada tahun 1988, saat itu masih menggunakan istilah Cyber Attack dan pada saat itu kejahatan itu sudah mengejutkan banyak orang di seluruh dunia yang menggunakan computer. Pada tahun tersebut, ada seorang mahasiswa yang berhasil membuat sebuah worm atau virus dan menyerang program computer hingga mampu mematikan sektiar 10 persen jumlah computer di seluruh dunia yang terhubung di internet.

Cerita yang lebih hebat lagi kembali terjadi pada tahun 1994 yang mana ada seorang bocah berusia 16 tahun bernama Richard Pryce, ia dikenal dengan sebutan The Hacker alias Datastream Cowboy. Ia dinyatakan sebagai tersangka  dan berhasil ditahan karena sudah masuk secara illegal ke dalam ratusan system computer rahasia, mulai dari Griffits Air Force, NASA, hingga badan penelitian atom di Korea.

Setelah di interogasi, ia mengaku belajar mengenai teknik hacking dan cracking dari seseorang di internet dan menjadikan orang tersebut sebagai mentor dengan julukan Kuji. Yang lebih hebat lagi adalah keberadan Kuji tersebut hingga saat ini masih belum diketahui keberadaannya.

Jenis-jenis Cyber Crime

Masih banyak dari kita yang mungkin masih belum begitu paham dengan jenis-jenis Cyber Crime. Jika dilihat dari aktivitasnya, Cyber Crime terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Unauthorized Access
  • Illegal Contents atau konten yang dilarang
  • Penyebaran virus secara sengaja
  • Data Forgery
  • Cyber Espionage, Sabotage dan Extortion
  • Cyber Stalking
  • Carding
  • Hacking dan Cracking
  • Cybersquatting dan Typosquatting
  • Hijacking
  • Dan yang terakhir adalah Cyber Terorism

Itulah beberapa jenis Cyber Crime atau kejahatan di dunia maya. Dari semua Cyber Crime yang disebutkan diatas itu tercatat hanya ada beberapa jenis Cyber Crime yang paling sering terjadi di masyarakat. Itulah Pengertian Cyber Crime Dan Jenis-jenisnya yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami harap artikel ini bisa menambah wawasan kalian para pecinta teknologi dan dunia cyber agar lebih tahu tentang dunia maya beserta kejahatan-kejahatan dunia maya yang sering terjadi di sekitar kita. (www.malangpers.com)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *