Didik Nini Thowok Meriahkan Malang Culture and Art Festival

Didik Nini Thowok Meriahkan Malang Culture and Art Festival – Sebuah pertunjukan telah digelar di Taman Krida Budaya Jl Soekarno Hatta Kota Malang, pada selasa (3/10/2017) malam. Acaranya adalah Malang Culture and Art Festival (MAWE) sebagai ajang diplomasi budaya. Yaitu sebuah pertunjukan yang menyajikan sebuah pertunjukan kesenian dari Kota Malang serta mancanegara, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang.

Juga disebut Malang Art Week, acara ini sudah menjadi agenda tahunan Dina Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, dengan konsep menampilkan puluhan macam kesenian dalam satu panggung pagelaran.

Tiongkok adalah negara asing yang terlibat langsung dalam acara tersebut. Dalam penampilannya Tiongkok menghadirkan 30 orang penari dengan menampilkan tarian dan opera Tiongkok. Adapun kota Mlang sendiri menghadirkan ratusan seniman dari sejumlah sanggar di Kota Malang. Pertunjukan yang ditampilkan dari Malang antara lain tari Topeng Malangan, juga tarian Kucingan.

Dilansir dari Surya Malang.com ( 06/10/17 ) Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan “Kami ingin MAWE menjadi ajang diplomasi budaya. Tadi malam merupakan MAWE kedua, dan digelar secara tahunan. Tahun depan kami akan menggandeng negara lain, dan mungkin lebih banyak negara dari yang sekarang,”.

Pada puncak acara disi oleh seniman asal Indonesia Didik Nini Thowok, seorang penari asal Kota Jogjakarta. Nini Thowok menampilkan tarian yang berjudul Pancasari, dengan menarikan lima gerakan tarian dalam lima kostum secara medley. Untuk urutan kostum yang dipakainya yaitu busana Tiongkok, lantas Jawa, robot, tradisi, dan terakhir topeng monyet.

“Melalui ajang ini pula kami mempromosikan kesenian Kota Malang, dan Indonesia tentunya ke masyarakat mancanegara, sehingga bisa mendongkrak kunjungan wisatawan asing ke Kota Malang,” Tutur Ida Ayu.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *