Cara Pasang VGA Card Yang Baik dan Benar

Cara Pasang VGA Card Yang Baik dan Benar

Cara Pasang VGA Card Yang Baik dan Benar – Video Graphic Array atau kita sering menyingkatnya dengan sebutan VGA adalah satu dari sekian banyaknya perangkat keras komputer yang mana fungsinya adalah untuk merubah output berupa visual yang kemudian hasilnya akan ditampilkan di monitor komputer. VGA ini juga sering kita sebut sebagai kartu grafis. Dan pada kesempatan kali ini akan membahas tentang bagaimana Cara Pasang VGA Card Yang Baik Dan Benar sesuai dengan prosedur prabik agar di kemudian hari tidak ada permasalahan mengenai pemasangan VGA Card di komputer.

Secara garis besar, VGA Card ini gunanya adalah untuk mengolah data grafis di komputer agar penampilannya ketika sudah di layar monitor bisa lebih baik, lebih tajam, mempunyai gambar yang lebih lembut dan juga memiliki kaulitas grafik yang lebih cepat. Melihat dari fungsinya, maka kita perlu memperhatikan baik-baik mengenai Cara Pasang VGA Card Yang Baik dan Benar.

Dilihat dari jenisnya, VGA Card terbagi menjadi dua yaitu VGA On Board dan VGA Eksternal. Apa perbedaan dari kedua VGA tersebut? Perbedaannya adalah jika VGA On Board sudah menyaut dengan motherboard komputer sedangkan VGA Eksternal tidak menyatu degan motherboard.

Cara Pasang VGA Card Yang Baik dan Benar
Cara Pasang VGA Card Yang Baik dan Benar

Biasanya, komputer yang tidak menggunakan VGA eksternal sudah bisa digunakan atau sudah bisa dijalankan seperti biasanya sebab di dalam motherboard sudah terdapat VGA on board untuk menampilkan gambar atau video di layar monitor komputer. Namun begitu masih banyak kekurangan yang dimiliki oleh VGA On Board yang terkadang membuat para pengguna komputer tetap harus menambahkan VGA eksternal agar kualitas gambar atau grafik komputer bisa lebih baik.

Kelemahan VGA On Board salah satunya adalah memori yang dimiliki sangat minim sekali, selain itu VGA On Board juga harus meminta lebih banyak memori RAM untuk melakukan proses. Jadi wajar jika kualitasnya sangat minim sekali dan juga tidak begitu baik ketika komputer menampilkan video yang notabene-nya butuh grafis yang cepat.

Untuk bisa memasang VGA Card di komputer dengan cara yang baik dan benar, akan lebih baik jika kita tahu terlebih dhaulu mengenai jenis-jenis VGA. Setelah kita tahu jenis-jenis VGA tersebut artinya kita sudah layak untuk tahu bagaimana cara pasang VGA Card yang baik dan benar. Oke, tanpa perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah beberapa langkah tentang cara pasang VGA Card yang baik dan benar sesuai dengan prosedur:

  • Langkah pertama tentu kalian harus mematikan komputer, cabut juga sumber daya komputer untuk mencegah terjadinya kerusakan yang tidak kita inginkan ketika melakukan pemasangan VGA Card yang baru. Perhatikan slot ekspansi motherboard letak dari PCI Express.
  • Pastikan PCI Ekspress tersebut dalam keadaan bersih sebelum kalian memasang VGA Card yang baru.
  • Jika pada slot motherboard PCI Express tersebut terdapat pengunci, maka bukalah terlebih dahulu agar VGA Card bisa terpasang.
  • Jika pengunci sudah terbuka, maka tancapkanlah VGA Card tersebut pada slot yang sudah kalian bersihkan tadi.
  • Jika VGA Card sudah menancap dengan benar, kemudian pasanglah baut atau pengunci yang kalian buka tadi agar VGA Card yang sudah tertancap itu tidak goyah dan benar-benar tertancap dengan bailk.
  • Selanjutnya kalian bisa menutup casing komputernya, tapi sebelum menutup casing pastikan terlebih dahulu semua kabel sudah terpasang di motherboardnya seperti semula.
  • Jika sudah, maka sekarang kalian bisa menghidupkan komputer. Jika penampilan gambar yang muncul di monitor komputer sudah berukuran besar dan lambat itu artinya kalian sekarang sudah siap untuk melakukan instalasi driver VGA Card yang baru.
  • Masukkan driver VGA Card dan lakukan instalasi hingga selesai.
  • Setelah proses instalasi selesai, biasanya komputer akan meminta untuk restart. Restartlah.
  • Jika sudah selesai itu artinya komputer kaian sudah ada VGA Card eksternal dan siap untuk menapilkan visual dengan grafik yang tinggi.

Seperti itulah cara pasang VGA Card yang baik dan benar sesuai dengan prosedur komputer. Sampai disini kami kira kalian sudah paham dengan apa yang kami sampaikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (www.malangpers.com)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *