Cara Ampuh Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara Ampuh Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur – Beternak Lovebird merupakan salah satu aktivitas atau hobi yang jika dilihat dari segi finansial sangat menjanjikan sekali. Sebab harga burung Lovebird ini cukup tinggi di pasaran. Kalian pasti sudah tahu tentang harga burung Lovebird ini untuk beberapa jenisnya, ada yang mencapai angka 1 juta ketika usianya baru menginjak empat bulan. Mengingat bahwa harga burung Lovebird itu sangat tinggi dan hobi ternak Lovebird ini bisa sangat menjanjikan sekali, maka banyak sekali orang yang ingin mengetahui tentang Cara Ampuh Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur.

Akan tetapi sayangnya, hingga sekarang ini masih banyak juga orang-orang yang mengalami kegagalan, maka dari itulah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang Cara Ampuh ternak Lovebird agar cepat bertelur. Namun sebelum ke pembahasan inti, tentu akan lebih baik lagi jika kita juga mengetahui apa penyebab Lovebird tidak cepat bertelur. Penyebab Lovebird tidak bisa bertelur itu bisa dikarenakan dua hal:

  • Usia Lovebird entah itu Lovebird jantan atau Lovebird betina belum masuk usia-usia produktif, perlu diketahui bahwa Lovebird jantan minimal harus berusia sekitar 8 bulan baru bisa produktif, sedangkan Lovebird betina minimal satu tahun.
  • Apakah kalian juga tahu bahwa Lovebird yang berpasangan itu memiliki kelamin yang sama? Hal ini sangat mungkin sekali terjadi karena Lovebird yang sudah berdampingan belum tentu memiliki jenis kelamin yang sama.

 

Dua penyebab yang baru saja kami sebutkan tersebut diatas adalah penyebab umum Lovebird tidak cepat bertelur, jadi masih ada penyebab lainnya dan mungkin kalian ingin menambahkannya sesuai dengan pengalaman masing-masing.

Cara Ampuh Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

  • Pasanglah tempat sarang dengan tepat

Cara pertama yang perlu kalian perhatikan dengan baik adalah meletakkan tempat sarang pada tempat yang tepat. Usahakan tidak menggunakan sarang yang ukurannya terlalu besar atau jangan pula terlalu kecil. Kalau perlu, masukkan juga beberapa serutan kayu bersih  ke dalam tempat sarangnya.

  • Pasanglah lampu Full Spektrum

Langkah selanjutnya adalah memasang lampu Full Spektrum di dalam sangkar Lovebird. Hampir semua jenis Lovebird ini sangat menyukai suhu yang hangat, sedangkan salah satu cara terbaik untuk menghangatkan sangkar burung Lovebird ini adalah dengan memasang lampu full spectrum. Selain itu cahaya dari lampur spktrum ini sangat disukai oleh burung Lovebird.

  • Berilah pasangan Lovebird lain di dalam satu ruangan

Berikutnya, ada cara lain yang bisa kalian praktekkan agar Lovebird cepat bertelur, yaitu dengan meletakkan pasangan lainya yang sudah pernah bertelur di dalam satu ruangan yang sama dengan Lovebird jantan. Sekali, letakkan di dalam satu ruangan ya, jangan di dalam satu sangkar.

  • Atur pola makannya

Pola makan bagi Lovebird juga sangat berpengaruh besar terhadap produktivitas Lovebird, jadi akan lebih baik jika kalian memilih makanan yang bisa meningkatkan birahi Lovebird, seperti contohnya sayuran kangkung, tauge, biji kuaci atau bisa juga menggunakan jagung muda. Dan usahakan ketika memberikan makanan Lovebird itu tidak telat dan konsisten.

Itulah beberapa cara ampuh ternak Lovebird agar cepat bertelur. Sebenarnya masih ada beberapa cara lagi untuk membuat Lovebird cepat bertelur, yaitu dengan memberikan suplemen tambahan. Pemberian suplemen ini sifatnya juga opsional, jadi bisa diberikan juga bisa tidak diberikan. (www.malangpers.com)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *