9 Kalimat yang Bisa Jadi Jawaban Sekaligus Ampuh Jadi Penyemangat, Saat Pertanyaan ‘Udah Dapat Kerja?’ Berdatangan

9 Kalimat yang Bisa Jadi Jawaban Sekaligus Ampuh Jadi Penyemangat, Saat Pertanyaan ‘Udah Dapat Kerja?’ Berdatangan

9 Kalimat yang Bisa Jadi Jawaban Sekaligus Ampuh Jadi Penyemangat, Saat Pertanyaan ‘Udah Dapat Kerja?’ Berdatangan

Lulus kuliah bukan berarti perjuangan udah selesai. Perjuangan selanjutnya justru baru dimulai. Mencari pekerjaan sekarang ini bisa dikatakan nggak mudah. Kamu nggak hanya berlomba untuk mendapatkan pekerjaan dengan teman-teman sekampusmu, tapi kamu juga bersaing dengan lulusan-lulusan se-Indonesia. Nggak hanya itu, sejak tahun 2015, Asean Economic Community diberlakukan, kamu akan bersaing juga dengan para pencari kerja dari seluruh Asia Tenggara.

Pertanyaan “Udah kerja belum?” pun kerap kamu terima karena belum juga mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Kamu akhirnya lagi-lagi hanya bisa tersenyum sambil melontarkan kalimat penjelasan kalau kamu tengah berusaha. Beberapa kalimat ini bisa menjadi pilihanmu saat menjawab pertanyaan. Kalimat-kalimat tersebut selain bisa menjawab pertanyaan, sekaligus bisa menjadi penyemangat bagi dirimu sendiri. Ini memang sakitnya sama seperti kalau ditanya “Kapan nikah?”, yang sabar ya..

1. “Iya ini lagi dicoba. Maklum, ‘kan yang cari kerja nggak cuma aku aja,”

Maklum, yang cari kerja ‘kan nggak cuma aku aja via www.pexels.com

Kalimat ini pantas kamu coba saat ada yang menanyakan kenapa belum juga mendapatkan kerja. Bilang aja kalau nggak hanya kamu yang tengah mencari kerja.

2. “Doain aja ya. Aku juga mau segera dapat kerja seperti yang lainnya,”

Doain juga ya via www.pexels.com

Selain itu, kamu juga bisa menjawabnya dengan minta doa agar kamu dipermudah mendapatkan kerja. Bilang aja siapa sih yang nggak mau mendapatkan pekerjaan seperti yang lainnya?

3. “Aku nggak bermaksud milih-milih pekerjaan. Tapi pekerjaan sekarang ‘kan emang butuh ketrampilan khusus,”

Butuh ketrampilan via www.pexels.com

Mencari pekerjaan saat ini memang perlu ketrampilan khusus. Jawab saja kalau memang belum ada pekerjaan yang sesuai dengan ketrampilan yang kamu miliki saat ini.

4. “Mungkin aku yang belum siap untuk bekerja, makanya Tuhan menahanku lebih lama,”

Mungkin aku yang belum siap via simplebeyond.com

Masalah takdir, jodoh dan rezeki semuanya ada di tangan Tuhan. Termasuk dengan pekerjaan. Mungkin memang kamu belum siap untuk memegang sebuah pekerjaan. Stay positive aja!

5. “Aku udah berusaha cari kerja, mungkin doaku aja yang kurang tulus pada-Nya,”

Doaku kurang tulus…mungkin via simplebeyond.com

Perihal doa terkadang juga berpengaruh saat kamu mencari kerja. Barangkali doa yang kamu panjatkan kurang tulus sehingga Tuhan ingin melihatmu lebih kusyuk lagi.

6. “Aku nggak mau sembarangan nyari kerja. Biar ilmu sewaktu kuliah kemarin nggak sia-sia,”

Nggak mau sembarangan nyari kerja via www.pexels.com

Mencari pekerjaan juga nggak bisa dilakukan secara sembarangan. Bilang aja bahwa kamu nggak ingin terburu-buru dalam mencari kerja. Kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu yang telah kamu pelajari itu.

7. “Ini lagi usaha, sekalian muas-muasin waktu sama orangtua di rumah. Sebelum berangkat ke perantauan buat kerja,”

Hangout bareng keluarga via www.pexels.com

Sikap be positive yang lain adalah kamu bisa memanfaatkan waktu lebih lama dengan keluarga. Bilang aja kamu tengah berusaha mencari kerja sambil menikmati waktu lebih dekat dengan keluarga.

8. “Kalau memang udah rezekinya, pekerjaan nggak akan lari kemana,”

Rezeki nggak kemana via simplebeyond.com

Selain menjawab bahwa kamu juga tengah berusaha, kamu bisa juga menjawab bahwa rezeki manusia udah ada yang mengatur. Kamu nggak perlu terburur-buru, yang penting tetap berusaha aja.

9. “Belum dapat kerja bukan berarti pengangguran. Sekarang aku sedang mengembangkan diri biar lebih berkualitas,”

Lagi mengembangkan diri nih via simplebeyond.com

Biar nggak semakin down saat ditanya “Udah dapat kerja?”, kamu bisa menjawab bahwa kamu tengah menyiapkan versi terbaik dari dirimu. Kamu sadar bahwa mencari kerja nggak cukup modal ijazah aja. Diperlukan juga diri yang berkualitas agar nggak hanya jadi pekerja yang biasa nantinya.

Mencari kerja memang nggak perlu buru-buru, yang penting kamu tetap berusaha tanpa mengesampingkan kesempatan yang ada. Kalau kamu terus ditanya tentang “Udah dapat kerja?” juga, kamu bisa gunakan kalimat-kalimat di atas sebagai pilihannya.

Kalau kamu jawab apa saat dikejar pertanyaan ini?

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *