Wali Kota Malang Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha

Wali Kota Malang Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha

Wali Kota Malang Raih Penghargaan Upakarya Wanua NugrahaPada Senin (2/10) malam, Wali Kota Malang, H Mochammad Anton meraih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) yang digelar di The Media Hotel and Towers Jakarta.

Abah Anton menjadi satu -n satunya walikota yang meraih Upakarya Wanua Nugroho, dari pulau jawa. Penghargaan itu diberikan karena prestasi Kota Malang dalam melahirkan inovasi di tingkat kelurahan, yang diserahkan langsung oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr. Nata Irawan, SE, M.Si mewakili Mendagri Tjajo Kompol.

Dilansir dari Merdeka Malang ( 03/10/17 ) Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kemendagri RI, Dr. Eko Prasetyanto PP di Jakarta, Senin (2/10) mengatakan “Penghargaan diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai berhasil membina dan melahirkan inovasi di tingkat kelurahan/desa “.

Seleksi dilakukan terhadap 279 kandidat dari tingkat provinsi maupun Kota/Kabupaten. Bobot penilaian di antaranya keberhasilan dalam lomba kelurahan/desa tingkat nasional serta keberhasilan menggerakkan partisipasi masyarakat serta inovasi di wilayahnya, tambah Eko.

Menurut Abah Anton, kesuksesan tersebut ditopang oleh penguatan program yang mampu menstimulus pemberdayaan masyarakat, seperti pada program Otonomi Award Kecamatan/Kelurahan, Lomba Kampung Hijau dan Bersih, Blusukan Dua Mingguan hingga menumbuhkembangkan kampung tematik. Hal inilah yang menjadikan beliau mendapatkan penghargaan tersebut.

Anton juga menambahkan “Prestasi ini adalah momentum yang harus terus kita jaga. Karena ini teraih adanya energi kebersamaan dan nilai kompetisi untuk memberikan karya terbaik. Maka, saya mengamini pesan dari Presiden dan juga kementerian, agar terus mengobarkan dan fokus pada semangat kerja, kerja dan kerja,”.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha, penghargaan tersebut diperolehnya juga bersamaan dengan penghargaan Upaklarya Wanua Nugraha..

Menariknya lagi tim Penggerak PKK Kota Malang juga berhasil meraih juara nasional pembinaan PKK tingkat nasional, dilokasi yang berbeda. Keberhasilanya mewakili Jawa Timur dalam lomba Program HATINYA PKK, yakni program penataan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman, yang dipimpin langsung oleh Umi Farida Anton.

Penganugerahan ini digelar di Mercure Ancol Jakarta, Senin (2/10) malam, dalam penilaian PKK Kota Malang berhasil mewujudkan pembinaan PKK di tingkat kelurahan, dengan munculnya pola pemanfaatan pekarangan secara ekonomis, berwawasan lingkungan, asri dan hijau.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *