Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget Tak jarang untuk sekarang ini banyank sekali anak – anak usia dini yang sudah meggunakan smartphone. Hal tersebut sebenarnya tidaklah efektif mengingat, smartphone bisa mengganggu proses belajar mereka. Saat ini anak – anak lebih cenderung bermain dengan smartphone dari pada bermain denga nteman sebayannya, kebiasaan ini menyebabkan hubungan sosial masyarakat yang akan terus menurun setiap tahunnya. Karena masa muda yang dihabiskan hanya dangan bermain smartphone.

Belum tentu juga setiap anak yang punya smartphone dijaminakan pandai akan dunia akademik maupun sosialnya.Menurut pakar perkembangan anak Dr Kristy Goodwin mengatakan membangun hubungan sehat antara anak dan gadget perlu dilakukan.

“Anak-anak sering melampaui kemampuan teknis orang tua. Bahkan mereka sudah belajar menyadap, menggesek, dan mengoperasikan gadgetnya sebelum belajar memegang pensil, naik sepeda, dan mengikat tali sepatu,” tutur Goodwin, berikut dikutip dari Essential Baby.

” Karena tekonolgi semakin maju, tak ayal situasi itu pun menimbulkan dilema di mana orang tua mesti memperbarui keterampilan mereka agar tak ketinggalan dengan sang anak “, demikian disampaikan Goodwin.

Demam gadget akan membuat anak menjadi lebih buruk dalam hal perilaku. Namun tidak semua dipandang begitu, jika bisa mengunakan dengan tepat dan sesuai usia anak, gadget bisa bermanfaat. Di antaranya sebagai media belajar interaktif, sarana mengasah kreativitas, dan memberi dukungan untuk anak yang memiliki kebutuhan pembelajaran berbeda. Ini salah satu hal positif yang bisa memberikan kecerdasan anak lewat gadget.

Dengan begitu beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua agar si kecil tidak kecanduan gadget, seperti diungkapkan Goodwin, berikut ini:

1. Buat batasan waktu

Membentuk kebiasaan sehat dalam menggunakan teknologi adalah cara yang tepat menurut goodwin. Bukan hanya dengan ucapan saja, batasan waktu sangat sulit diterapkan saat anak bermain gadget. Untuk sarannya adalah dengan menggunakan aplikasi jam, untuk membatasi anak dalam bermain gadget. cara ini lebih efektif, dari pada memarahi anak tersebut.

2. Jauhkan gadget di waktu-waktu tertentu

Pada saat waktu tidur siang dan tidur malam, paparan cahaya biru dari gadget justru bisa menghambat produksi melatonin tubuh.Hal ini justru mempengaruhi perkembangan psikologi anak, dan bisa berakibat sering insomnia diwaktu malam. “Dalam penerapan aturan membatasi gadget, contoh dari orang tua amat penting,” kata Goodwin.

3. Perlakukan gadget dengan benar

“Hindari menggunakan gadget sebagai imbalan atau suap. Sebab, kita ingin anak-anak melihat teknologi sebagai alat, bukan mainan. Ketika gagdet digunakan sesuai fungsinya, bukan sebagai hadiah, anak lebih mungkin membuat hubungan yang sehat dengan teknologi,” papar Goodwin.

4. Jangan lupa lakukan kegiatan outdoor

Bermain disekitar rumah bersama dengan teman, akan mengeksplorasi kecerdasan si anak dari pada bermain gadget. Ini yang dijadikan alasan Goodwin tentang pentingnya menekankan menyeimbangkan waktu bermain gadget dengan waktu melakukan permainan real.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *