Sebelum Membeli, Kenali 3 Jenis Kamera DSLR Ini

Sebelum Membeli, Kenali 3 Jenis Kamera DSLR Ini

Sebelum Membeli, Kenali 3 Jenis Kamera DSLR Ini – Bisa anda ketahui banyak sekali jenis, seri dan model kamera DSLR yang ada dipasaran. Untuk memastikan barang tersebut bagus maupun asli, anda harus melihatnya secara teliti.
Untuk itu kamupun juga harus menyesuaikan kebutuhan kamera yang seperti apa yang ingin kamu beli, sebab pabrik sendiri telah merilis kamera tersebut sesuai dengan kebutuhan si pembeli. A

Ada kamera DSLR yang dibuat untuk pemula, ada yang diproduksi untuk para penghobi fotografi saja serta ada yang dibuat khusus untuk para fotografer profesional dengan kebutuhan khusus.

Memang bial anda melihatnya secara sekilas bentuk kamera DSLR untuk pemula, penghobi ataupun profesional hampir sama. Dari sini bila diteliti lebih dalam ternyata, dari ketigannya mempunyai jenis perbedaan yang terletak pada fitur yang tertera di bodi kamera, teknologi di dalamnya, maupun seberapa kompleks cara memakai kamera tersebut. Berikut 3 cara untuk membedakannya :

1. Kamera DSLR untuk Pemula (Beginner)

Bentuknya praktis, sangat cocok untuk seorang yang memulai suka dengan fotografi. Untuk fitur pengoperasian lebih mudah dan punya banyak variasi warna pada bodi kamera. Bila anda memegangnya biasanya lebih ringan dibanding kamera yang untuk profesional, sehingga nyaman untuk dipegang dan dibawa.

Pabrik pun sudak menyesuaikan menu dan fitur bisa dibuat lebih mudah, sehingga biasanya semuanya serba instan atau pengaturan otomatis.

Disini kamu bisa melihat contoh kamera DSLR entry level antara lain, adalah seri D3200, D3100, D3000, D5100, D5200, D40 dsb untuk merek Nikon, dan seri EOS 1100D, 750D, 650D, 600D, 550D dsb untuk merek Canon.

Kamera jenis ini biasanya di jual dengan kisaran harga Rp 5 – 6 jutaan. Sangat cocok untuk kebutuhan dokumentasi sehari – hari, sebab simpel dan praktis.

2. Kamera DSLR untuk Hobi (Semi-Pro)

Pada level kedua, spesifikasi dari kamera DSLR dibuat lebih kompleks, namun tetap memiliki pilihan otomatis. Sebab pada dasarnya kamera ini ditujukan untuk para penghobi fotografi, dan sangat cocok sekali sebab mereka sudah sedikit mengetahui pengaturan dasar fotografi.

 

Kamera jenis ini biasanya memiliki burst foto lebih cepat, bahkan beberapa kamera telah dilengkapi dengan sensor full-frame. Ini yang membedakan kecanggihnya dari kamera untuk seorang pemula.

Untuk kamu yang ingin menekuni fotografi, jenis kamera ini sangatlah direkomendasikan. Karena harganya yang tidak terlalu mahal dan fungsinya yang mendekati sebuah kamera pro, dipasarn indonesiapun sudah banyak sekali beredar.

Berikut contoh kamera DSLR untuk para penghobi : Canon seri EOS 70D, 60D, 50D, 40D dsb. Sedangkan untuk merek Nikon terdapat seri D600, D300, D200, D100 dsb. Harga pun berkisar antara Rp 7 – 12 jutaan.

3. Kamera DSLR untuk Profesional (Pro)

Jenis ketiga inilah yang sangat canggih dibandingkan dengan yang di atas. Kamera jenis ini biasa disingkat dengan kamera Pro. Fiturnyapun sangat lengkap dan kompleks, sebab didalamnya tertancapa teknologi yang sangat canggih. Harga yang dibandrol untuk kamera jenis ini adalah diatas Rp 12 jutaan.

Dikalangan para fotografer, jenis kamera ini banyak di buru sebab telah memadai untuk keperluan fotografi yang digelutinnya. Tentunya untuk kamera pro tidak menggunakan fitur otomatis, semua fitur distel secara manual.

Industry media besar seperti biro media, studio foto besar, biro periklanan dan para fotografer biasannya menggunakan kamera jenis ini sebab dapat menghasilkan kualitas foto yang istimewa dalam tiap jepretannya.

Bagi kamu yang inin membeli kamera , Canon EOS 5D dan 1D, sedangkan untuk produk Nikon adalah seri D4, D3, D2 dan D1. Sebelum membelinya kamu harus mengingat mahalnya harga kamera jenis ini, maka disarankan untuk benar-benar memikirkan dengan matang sebelum membelinya.

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *