Pengertian E-Commerce, Manfaat dan Keuntungan E-Commerce

Pengertian E-Commerce, Manfaat dan Keuntungan E-Commerce

Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce – Jika kalian adalah salah satu dari banyaknya pengguna internet, kemungkinan besar kalian sudah tidak asing lagi dengan kata E-Commerce. Terlebih lagi bagi mereka yang saat ini menjalankan bisnis online, seperti jual beli online, pembayaran online, affiliasi dan lain sebagainya, segala aktivitas tersebut bisa dikatakan sebagai E-Commerce. Tapi dari para pelaku bisnis tersebut ternyata sebagian masih belum mengerti dengan baik tentang Pengertian E-Commerce, Manfaat dan Keuntungan E-Commerce.

Nah oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai Pengertian E-Commerce, Manfaat serta Keuntungan E-Commerce di dunia online.

Pengertian E-Commerce

E-Commerce juga disebut sebagai perdagangan elektronik ini meliputi pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa yang memanfaatkan adanya sistem elektronik seperti internet serta jaringan komputer lainnya. Segala jenis transaksi elektronik yang meliputi transfer elektronik, pertukaran data, sistem pengolahan yang dilakukan dengan menggunakan sistem elektronik bisa dikategorikan sebagai E-Commerce.

Pengertian E-Commerce, Manfaat dan Keuntungan E-Commerce
Pengertian E-Commerce, Manfaat dan Keuntungan E-Commerce

Sementara E-Commerce sendiri masuk dalam kategori E-business, yang mana E-business ini memiliki arti yang lebih luas lagi. Mulai dari aktivitas hingga kegiatan yang dilakukan seseorang. Tapi perlu diingat bahwa untuk mengerti dengan baik tentang dunia E-Commerce, mengetahui tentang Pengertian E-Commerce, Manfaat dan Keuntungan E-Commerce saja tidak akan cukup. Kita juga harus seperti apa jenis-jenis E-Commerce itu.

Jenis E-Commerce

Di dalam dunia E-Commerce sendiri ada beberapa jenis yang bisa membedakan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna internet atau pelaku bisnis yang menggunakan jaringan internet dan komputer. Jenis-jenis E-Commerce tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. E-Commerce Business To Business

Jenis E-Commerce yang satu ini merupakan aktivitas bisnis yang dilakukan oleh dua orang atau pihak yang mana antara mereka sudah saling mengenal satu sama lain dan juga sudah mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan.

2. E-Commerce Business To Consumer

E-Commerce ini adalah bisnis yang dilakukan oleh pihak produsen dengan konsumen seperti contohnya penjual dan pembeli yang dilakukan secara online atau menggunakan jaringan internet.

3. E-Commerce Consumen to Consumen

E-Commerce Consumen to COnsumen atau disebut juga E-Commerce C2C ini adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh pihak konsumen dengan konsumen lainnya. Contoh, Konsumen A membeli barang dari Produsen lantas menjualnya kembali kepada konsumen B. Dalam dunia jual beli online sering dikenal dengan istilah reseller dan dropshipping.

4. E-Commerce Consumen To Business

E-Commerce jenis ini dilakukan oleh konsumen kepada penjual produk atau produsennya. Sebagai contoh konsumen tersebut membeirkan detail produk atau jasa yang dia inginkan dengan memanfaatkan jaringan internet, kemudian barulah produsen menawarkan produk sesuai dengan permintaan konsumen itu.

Manfaat E-Commerce

E-Commerce tentu saja memiliki kelemahan dan kelebihan, namun perlu kita tahu bahwa adanya jaringan internet ternyata memberikan banyak manfaat terhadap setiap aktivitas E-Commerce. Berikut ini adalah manfaat E-Commerce yang perlu kita ketahui:

  • Komunikasi antara penjual dan pembeli menjadi lebih mudah.
  • Target pasar menjadi lebih luas dan tidak terbatas.
  • Promosi barang atau jasa menjadi lebih mudah.
  • Dengan adanya E-Commerce, proses penjualan dan pembelian barang menjadi lebih mudah.
  • Pembayaran juga lebih mudah, bisa dilakukan secara online tanpa perlu pergi kemana-mana.
  • Informasi bisa tersebar dengan sangat cepat dan mudah.

Keuntungan E-Commerce

Tentu saja E-Commerce ini akan memberikan banyak keuntungan di jaman yang serba modern dan serba sibuk. Salah satu keuntungan E-Commerce yang paling jelas terlihat adalah untuk menjual barang atau produk kita tidak perlu membangun sebuah toko atau perusahaan besar seperti yang sudah dilakukan oleh para pelaku bis offline (manual). Kita cukup memanfaatkan adanya internet maka semua bisa berjalan dengan baik di rumah.

Bagimana? Sekarang kalian sudah mengerti kan tentang Pengertian E-Commerce, Manfaat dan Keuntungan E-Commerce? Semoga artikel ini bisa membantu kalian lebih paham lagi tentang dunia E-Commerce. (www.malangpers.com)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *