Kecerdasan Buatan Bio Mind Kalahkan Dokter Di Tiongkok

Kecerdasan Buatan Bio Mind Kalahkan Dokter Di Tiongkok

Malangpers.com, Kehebatan Kecerdasan Buatan, Kalahkan Dokter Saat Diagnosa Penyakit – Teknologi kecerdasan buatan seringkali menyita perhatian publik, tidak hanya di dunia teknologi saja namun kecerdasan buatan kali ini juga mampu unjuk gigi di bidang kesehatan. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Kecerdasan Buatan yang ada di Tiongkok itu mampu melebihi kemampuan dari hasil diagnosa tim dokter. Hal ini pun menjadi tpoik utama di Media-media Tiongkok, mereka menyebutkan “Kecerdasan Buatan Bio Mind Kalahkan Dokter Di Tiongkok”.

Menurut laporan yang didapatkan dari Xinhua, tim dokter tersebut terdiri dari sekitar 15 dokter ternama dari seluruh Tiongkok. Mereka semua mencoba unuk melakukan diagnosa penyakit tumor otak serta memprediksi hematoma. Namun ternyata apa yang dilakukan oleh teknologi Kecerdasan Buatan tersebut mampu mengungguli diagnosa seluruh dokter tersebut.

Kecerdasan buatan Bio Mind
Kecerdasan buatan Bio Mind

Kecerdasan Buatan yang berhasil mengalahkan hasil diagnosa dari tim dokter tersebut belakangan ini diketahui bernama Bio Mind. Dan tentu saja serangkai proses diagnosa penyakit dari tim dokter serta Kecerdasan Buatan tersebut adalah sekedar uji coba akan tetapi tetap mengambil media yang sebenarnya sebagai bahan uji coba.

Rumah sakit yang menjadi tempat pengembangan Kecerdasan Buatan tersebut adalah Rumah Sakit Tinatan Beijing dan dikembangkan oleh Artificial Intelligence Research Centre for Neurological Disorders. Dan sungguh mengejutkan jika ternyata kemampuan dari Bio Mind tersebut berada di atas rata-rata kemampuan para dokter ahli yang namanya sudah cukup terkenal di Tiongkok.

Dalam uji coba tersebut, Bio Mind ditugaskan untuk menelaah beberapa kasus tumor otak dan hasilnya mengejutkan, Kecerdasan Buatan mampu memprediksi sekitar 87 persen. Sedangkan dari uji coba yang sama tim dokter hanya mampu melakukannya hingga 66 persen dari kasus yang sama dengan Kecerdasan Buatan. Hebatnya lagi, waktu yang dibutuhkan oleh Kecerdasan Buatan ini jauh lebih cepat dari pada waktu yang dibuhtuhkan oleh tim dokter ketika melakukan analisa.

Selama uji coba, Bio Mind hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja dan Bio Mind sudah merampungkan diagnosa sebanyak 225 kasus. Hasil tersebut jauh diatas hasil yang didapatkan oleh tim dokter yang hanya bisa mendiagnosa sebanyak 30 kasus saja. Tak hanya itu saja, Kecerdasan Buatan Bio Mind masih belum berhenti membuat semua orang berdecak kagum, saat membahas mengenai bab hematoma di otak, Kecerdasan Buatan Bio Mind telah berhasil menjawab soal dengan benar hingga 83 persen sementara itu dari tim dokter hanya bisa menjawab dengan benar sekitar 63 persen saja.

Bagaiamana Kecerdasan Buatan Bio Mind bisa melakukan hal tersebut? Dari informasi yang beredar, Bio Mind ternyata juga didukung oleh ribuan gambar yang terdapat dalam arsip rumah sakit Tiantan Beijing. Dan kabarnya kemampuan Kecerdasan Buatan Bio Mind tersebut sudah setara dengan level dokter senior yang memiliki tingkat akurasi mencapai 90 persen. Maka wajar saja jika banyak media yang mengatakan bahwa Kecerdasan Buatan Bio Mind Kalahkan Dokter Di Tiongkok.

Dari semua uji coba itu VP Rumah Sakit Tiantan Beijing, Wang Yongjun berharap bahwa uji coba tersebut bisa mengatahui lebih dalam lagi mengenai kemampuan kecerdasan buatan dan dokter bisa memahami teknologi tersebut lebih detail. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi Kecerdasan Buatan di bidang kesehatan memang terus dilakukan uji coba oleh banyak pihak, tak tanggung-tanggung, salah satu perusahaan raksasa yang juga ikut serta melakukan uji coba adalah Google.

Dalam uji coba yang dilakukan tersebut, Google melakukan kerja sama dengan anak perusahaannya yang bernama Verily. Google memanfaatkan sebuah software dengan kemampuan machine learning guna melakukan analisa pada mata seseorang. Dan ketika melakukan pengumpulan data, software tersebut ternyata mampu mengumpulkan data yang begitu detail mulai dari usia, kadar tekanan darah bahkan kebiasaan (merokok) juga mampu terdeteksi oleh software tersebut.

Dari data-data yang didapatkan itulah, software cerdasa itu mampu memberikan prediksi mengenai penyakit orang yang bersangkutan, seperti misalnya mendeteksi adanya penyakit jantung atau apakah orang tersebut mempunyai potensi mendapatkan serangan jantung, dan lain-lain.

Dengan hasil analisa yang detail itulah software milik Google itu dipandang oleh banyak pihak memiliki akurasi yang sama dengan teknologi yang paling mutakhir saat ini.

Dengan kehadiran Kecerdasan Buatan seperti Bio Mind tersebut, secara metode bisa menjadi alternatif yang sangat bagus sekali bagidokter dalam hal menganalisa pasien. Selain itu, dengan bantuan Kecerdasan Buatan Bio Mind maka dokter bisa lebih cepat dalam melakukan analisa, salah satunya dokter tidak lagi membutuhkan pengujian darah.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *