Ini Dia Wisata Baru Kota Malang, Kampung Topeng

Ini Dia Wisata Baru Kota Malang, Kampung Topeng
MALANG KOTA – Satu lagi kampung tematik hasil kreativitas warga yang hadir di Kota Malang. Setelah ada Kampung Warna-Warni Jodipan dan Kampung Tridi Kesatrian, kini Kota Malang punya Kampung Topeng.

Ya, kampung tematik yang berada di Dusun Baran, RT 04/RW 7, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, ini diresmikan Wali Kota Malang Moch. Anton, Selasa (14/2). Kampung yang menjadi binaan Kementerian Sosial (Kemensos) RI ini telah dideklarasikan sebagai destinasi wisata baru.

Meski lokasinya tersembunyi, sekitar 5 kilometer dari jalan raya di Jalan Mayjen Sungkono, tapi Kampung Topeng menawarkan destinasi wisata yang unik. Sejak dari gerbang, pengunjung disambut ratusan topeng warna-warni dengan berbagai karakter dalam kisah Panji. Topeng-topeng tersebut tersebar di taman, berselang-seling dengan beragam bunga yang tumbuh subur.

Di tengah udara yang sejuk karena berada di tengah ladang dan kebun tebu, pengunjung tidak boleh melewatkan ber-swafoto (selfie) dengan latar belakang dua topeng raksasa setinggi 7,5 meter dan lebar 5 meter.

Topeng tersebut merupakan gambaran sosok Raden Panji Asmoro Bangun dan Dewi Sekartaji. Di dinding-dinding rumah warga yang dicat warna-warni pun juga banyak sekali gambar topeng Malangan.

Pengunjung juga bisa mempelajari mengenai topeng Malangan di Bengkel Kreasi Kampung Topeng. Di sana, setiap hari ada pelatihan menari topeng untuk anak-anak. Atau pengunjung bisa mewarnai suvenir berbentuk topeng kecil sebesar satu telapak tangan bayi. Bukan hanya itu, soal oleh-oleh juga tak menjadi masalah. Wisatawan yang datang juga bisa memborong berbagai kreasi warga. Mulai dari suvenir bunga dari bahan daur ulang hingga makanan-makanan kecil produksi warga binaan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *