Eksperimen Tempe Siswa SMA Indonesia Turut Dibawa Ke Luar Angkasa Oleh NASA. Bangga!!!

Eksperimen Tempe Siswa SMA Indonesia Turut Dibawa Ke Luar Angkasa Oleh NASA. Bangga!!!

Kalau ngomong urusan luar angkasa, salah satu instansi yang dipandang terdepan dalam hal meneliti apa yang ada di luar bumi jelas adalah NASA. National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah badan antariksa Amerika Serikat yang pertamakali bisa mendaratkan manusia ke bumi. Dari mengirim misi ke bulan, sampai sekarang sudah ada misi Mars dan matahari, NASA memang masih tak tertandingi kalau masalah penjelajahan luar angkasa.

Makanya banyak peminat astronomi maupun yang cita-citanya dari kecil ingin jadi astronot, pasti bermimpi untuk bisa bekerja di NASA. Sebagaimana dilansir Kompas, hebatnya ternyata ada lho sekelompok anak-anak SMA Indonesia yang sudah bekerja buat NASA! Bukan diangkat jadi karyawan full-time gitu sih, tapi sejumlah pelajar dari SMA Unggulan Del, Laguboti, Sumatera Utara ini terpilih untuk proyek peluncuran misi terbaru NASA. Proyeknya ngapain? Buat tempe guys!

Yup, tempe asli Indonesia hasil karya anak bangsa ini bakal dikirim ke luar angkasa oleh NASA. Penasaran ceritanya?! Yuk simak bareng Hipwee News & Feature.

Roket yang membawa tempe Indonesia ke luar angkasa adalah roket booster Falcon-9 yang tujuannya untuk Commercial Resuply (CRS). Kontraknya sama SpaceX juga loh

Rocket kerjasama dengan SpaceX via goodnewsfromindonesia.id

Peluncuran misi kali ini merupakan hasil kolaborasi kontrak ke-11 misi Commercial Resuply (CRS) dari NASA yang dilaksanakan oleh SpaceX. Seperti yang kita tahu, SpaceX milik Elon Musk memang punya cita-cita untuk membawa manusia hidup di luar angkasa. Nah eksperimen ini dipandang sebagai salah satu poin penting untuk mencapai tujuannya. Untuk hidup manusia butuh makan. Baik di bumi maupun luar angkasa sama saja. Karena itu eksperimen CRS yang fokus pada bahan pangan ini penting untuk dinanti hasilnya.

ADVERTISEMENT

Oh iya, selain membawa tempe dari Indonesia, Falcon-9 juga membawa hampir 3 ton muatan untuk dibawa ke International Space Station (ISS).

Hebatnya, eksperimen tempe tersebut dibuat oleh siswa SMA. Meskipun masih pelajar, prestasi mereka sudah bikin bangga bangsa!

Ini tim yang bikin bangga Indonesia via kompas.com

Mungkin kamu nggak percaya kalau ada anak SMA di Indonesia yang turut serta dalam eksperimen kolaborasi instansi Internasional selevel NASA dan SpaceX. Namun hal ini benar adanya. Para pelajar yang mengadakan eksperimen tempe di luar angkasa ini adalah pelajar dari SMA Unggulan Del, Laguboti, Sumatera Utara. Tim mereka yang berjumlah 10 orang tersebut memang telah membuat bangga Indonesia. Nggak mudah loh untuk ikut eksperimen bareng NASA.Judul eksperimen mereka adalah “The Fermentation of Soybeans in Microgravity Experiment” (Fermentasi Kedelai dalam Kondisi Mikrogravitasi)

Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk melihat pengaruh mikrogravitasi terhadap proses fermentasi kedelai dengan bantuan ragi. Hipotesisnya sih tingkat gravitasi nol akan mengakibatkan proses fermentasi kedelai akan terjadi lebih cepat dibandingkan dengan proses di bumi. Nah jika eksperimen ini berhasil, artinya kita bisa membuat tempe di luar angkasa! Keren ‘kan…

Meski cuma buat tempe, namun eksperimen ini punya peranan penting untuk masa depan. Tempe bisa jadi makanan yang bisa dikonsumsi di luar angkasa

Tempe ini khas Indonesia via javanesean.wordpress.com

“Nah kalau bisa bikin tempe di luar angkasa, lantas kenapa?”

Mungkin ada beberapa orang yang menganggap hal ini adalah hal yang nggak penting-penting amat. Maklum, mau bisa bikin tempe di luar angkasa ataupun tidak, tak ada efek secara langsung bagi hidup mereka. Namun itu kalau kita hanya memikirkan dampak sekarangnya saja. Suksesnya membuat tempe di luar angkasa punya dampak yang sangat penting di masa depan nanti.

Kalau tempe benar-benar bisa dibuat di luar angkasa, artinya pilihan makanan para astronot yang menjelajah di ruang angkasa nanti akan bertambah. Belum lagi kalau SpaceX nantinya benar-benar bisa membuat koloni manusia di planet lain, bisa jadi tempe khas Indonesia adalah salah satu makanan utamanya. Namun lebih dari itu, kesuksesan penelitian ini juga jadi ajang pembuktian bahwa penelitian dengan objek khas Indonesia (tempe) itu juga bagus dan bermanfaat. Sebagai anak muda, kita wajib bangga.
Keren ya adik-adik tersebut. Masih berstatus pelajar SMA tapi prestasinya sudah sangat membanggakan. Semoga anak muda Indonesia lainnya jadi terinspirasi agar menggunakan masa mudanya untuk hal-hal positif dan berkontribusi. Salut, dik!

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *