Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Dengan Cepat

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Dengan Cepat

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Dengan Cepat – Anda pasti merasakan kecepatan kerja smartphone pada saat anda membelinya. Namun setelah lama anada gunakan, peformanya semakin lama pasti akan menurun. Hal yang demian sangatlah lumrah untuk semua smartphone, kecuali smartphone flagship yang hadir dengan spesifikasi yang sangat bagus.Nah, untuk mengatasi hal demikian, saya akan memberikan tips agar kinerja smartphone kamu menjadi cepat kembali. Berikut tips nya :

Identifikasi masalah

Pertama anda harus tahu dulu dari mana sumber masalah tersebut. Mungkin dari apalikasi ataupun sistem smartphone anda, cara mengidentfikasinya adalah menggunakan aplikasi yang bernama Trepn Profiler buatan Qualcom. Aplikasi yang canggih ini akan menampilkan informasi tentang penggunaan CPU, penggunaaan GPU dan RAM, serta gambaran lau lintas jaringan dan lain sebagainnya.

Selain itu aplikasi, Trepn Profiler juga akan menganalisa aplikasi dengan informasi yang lengkap. Dari sini anda sudah mengetahui sumber masalahnya. Sehingga aplikasi mana yang dirasa berat untuk dijalanka, nda dapat melanjutkan ke solusi yang berikutnya.

Bersihkan storage

Jangan menyimpan sebuah foto, vidio maupun rekam suara yang berlebihan. Hal ini tentunya juga mempengaruhi kinerja smartphone. Terlau banyak file seperti foto serta aplikasi yang ter-install bisa menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh. Ini akan mengakkibtkan kinerja smartphone and amenjadi semakin lambat. Untuk memeriksannya, langsung saja anda buka bagian Pengaturan -> Penyimpanan. Jika ada aplikasi yang dirasa boros storage, hapus saja.

Cache data yang terdpat pada aplikasi tertentu, juga mempengaruhi lambatnya smsrtphone tersebut. Maka dari itu untuk aplikasi yang membawa cache data harus kamu bersihkan juga cache nya. Hal demikian harus sering kamu cek secara berkala, untuk mengembalikan peforma kinaerja smartphone anda.

Hapus widget

Untuk yang suka memasang widget pada smartphone nya pada homescreen. Nah, jika performa smartphone mulai melambat, kami menyarankan untuk menghapus widget-widget yang sudah anda pasang tersebut. Sebab widget akan banyak mengonsumsi RAM pada smartphone Anda.

Hilangkan animasi

Sebagian orang menyukai animasi atau efek untuk mempercantik penampilan smartphone. Meskipun itunhanyalah sebuah tema dan terlihat keren, hal tersebut juga dapat memperlambat performa smartphone anda. Anda dapat melihat di pengaturan tema yang digunakan, untuk mennaktifkannya. Biala dalam pengaturan tema anda tidak menemukannya, Anda dapat menonaktifkannya di menu Pengaturan -> Pilihan Pengembang. Cra ini juga bisa membantu mempercepat kinerja smartphone anda.

Tutup aplikasi

Disini anda dapat menggunakan aplikasi ShutApp untuk menutup aplikasi yang berjalan secara diam-diam di background. Meskipun dengan multitasking anda dapat melakukan banyak pekerjaan dengan sangat cepat. Dampaknya kinerja smartphone anda akan lelet, jadi kamu harus menutupnya.

Reset smartphone

Jika dengan beberapa cara diatas smartphone anda masih terasa lambat, langkah terakhir yang saya sarankan adalah dengan melakukan reset pada smartphone anda. Dijamin cara ini adalah cara paling efektif dan manjur. Perhatikan juga sebelum melakukan reset, jangan lupa membackup data penting Anda sebelum melakukan proses ini.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *