Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek Jaringan LAN

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek Jaringan LAN

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek Jaringan LAN – Kalian pasti sudah pernah mendengar yang namanya jaringan LAN, yang mana jaringan tersebtu digunakan untuk menyambungkan jaringan dalam skala kecil, luas jangkauan dari jaringan LAN ini paling jauh adalah sekitar 1 km saja. Jaringan LAN ini juga digunakan untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling berbagi data, foto dan file lainnya. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan jaringan LAN ini, akan tetapi seperti yang sudah pernah kita sebutkan bahwa komputer sangat rentan sekali dengan masalah error, salah satu contohnya adalah komputer tidak bisa terkoneksi dengan jaringan LAN. Nah, untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek Jaringan LAN.

Sekarang ini hampir di setiap kantor sudah terdapat jaringan LAN dengan memanfaatkan sistem komputer yang mereka gunakan, akan tetapi tetap saja sebesar apapun kantor tersebut, masalah komputer tidak dapat dicegah dan pasti akan selalu ada. Nah dengan mempelajari Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek Jaringan LAN ini nanti diharapkan kalian yang bekerja di kantor atau diinstansi kepemerintahan lainnya bisa dengan mudah memperbaikinya.

Sebagai pengetahuan dasar saja bahwa jika komputer tidak bisa konek jaringan LAN, biasanya permasalahan dasarnya ada pada IP address.

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek Jaringan LAN
Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek Jaringan LAN

Untuk lebih jelasnya lagi berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kalian coba tentang Cara Memperbaiki Komputer Tidak Konek Jaringan LAN:

  • Langkah pertama periksalah network adapter kalian masing-masing, caranya pilih control panel >> Network and Internet >> Network Connection. Lihatlah status dari network adapter tersebut. Pastikan Network adapter tersebut dalam keadaan enable, jika masih dalam keadaan disable maka klik kanan dan pilih Enable.
  • Jika network adapter sudah kalian berpiksa dan dalam kondisi enable tapi masih juga tidak konek atau tidak terhubung di jaringan LAN, maka langkah berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada lampu kabel portnya menyala atau tidak. Cabut lantas tancap lagi dengan baik kabel port tersebut, apabila masihg terjadi masalah pada jaringan LAN-nya, lakukan langkah ketiga.
  • Langkah ketiga adalah periksalah perangkat hub kalian masing-masing. Wajarnya, lampu hijau pada hub tersebut akan selalu berkedip-kedip. Jika tidak begitu, jelas itu adalah masalah dengan hubnya.
  • Namun jika pada hub juga tidak bisa mengatasi masalah komputer tidak bisa konek jaringan LAN, maka yang perlu kalian lakukan sekarang adalah memeriksa perangkat switch. Kalian perhatikan dengan baik kabel UTP yang tersambung pada switch dari komputer. Untuk mengetahui apakah kabel port tersebut rusak atau normal, biasanya lampu witch tersebut akan menyala dan berkedip sama seperti hub tadi.
  • Langkah terakhir adalah dengan memeriksa perangkat router kalian masing-masing. Perlu kalian tahu lagi bahwa perangkat inilah yang mendistribusikan IP Address ke seluruh komputer client. (www.harianpost.co.id)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *