Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD – Hardisk merupakan salah satu komponen komputer yang sangat rentan sekali dengan kerusakan, baik itu kerusakan internal maupun eksternal. Salah satu kerusakan internal Hardisk adalah Hardisk Bad Sector. Hardisk Bad Sector ini memiliki beberapa gejala dan gejala yang paling terlihat adalah komputer menjadi sangat lambat sekali ketika dinyalakan atau start up yang terlalu lama. Tapi tidak perlu khawatir sebab pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD.

Gejala Hardisk Bad Sector lainnya yaitu ketika kita menjalankan aplikasi komputer tersebut juga lambat bahkan tak jarang komputer menjadi hang ketika aplikasi tersebut pertama kali dijalankan. Hardisk Bad Sector sendiri terdiri dari dua jenis kerusakannya, yaitu bad sector fisik dan bad sector software, keduanya memiliki tanda yang sama yaitu komputer melambat dan hang.

Bad sector fisik biasanya disebabkan karena banyaknya debu yang menempel pada hardisknya, atau hardisk mendapat goncangan keras seperti terjatuh, hardisk kepanasan dan sejenisnya.  Sedangkan Hardisk Bad Sector software biasanya terjadi karena disebabkan oleh kesalahan dalam mengoperasikan komputer seperti misalnya mematikan komputer tapi tidak dengan prosedur yang benar (tidak menggunakan shutdown), listrik mendadak mati dan komputer atau laptop ikut-ikutan mati, virus dan kerusakan sejenisnya.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD
Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD

Berikut ini adalah beberapa langkah jitu tentang bagaimana Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD:

  1. Pertama kali buka command prompt dan jalankan cmd tersebut dengan cara klik kanan, Run as administrator.
  2. Ketika command prompt sudah terbuka, ketikkan chkdsk /r /f d: lalu tekan enter.
  3. Tunggu sampai proses chkdsk selesai.

Keterangan perintah chkdsk /r /f d: adalah sebagai berikut:

  • chkdsk adalah petunjuk pengecekan hardisk
  • /r adalah perintah untuk memindahkan bad sector
  • /f adalah perintah untuk memperbaiki bad sector
  • d: adalah alamat hardisk yang akan diperbaiki

Ketika proses chkdsk tersebut sudah selesai, maka itu artinya masalah Hardisk Bad Sector yang sedang kalian alami di komputer kalian sudah selesai. Kerusakan Hardisk Bad Sector ini memang sangat menggangu sekali, jika tidak segera diatasi maka kerusakan komputer kalian bisa bertambah parah dan jika sudah menyerang motherboard, akan susah sekali untuk diperbaiki dan kebanyakan masalah kerusakan pada motherboard tidak bisa diatasi kecuali dengan lem biru (lempar beli yang baru), sementara kalian tahu sendiri bahwa harga motherboard saat ini tidaklah murah seperti kacang goreng.

Nah, seperti itulah Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD yang bisa kami bagikan kepada kalian semua. Mengatasi Hardisk Bad Sector dengan CMD ini merupakan Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector yang paling mudah dilakukan dan kebanyakan hasilnya efisien alias hampir 100 persen selalu berhasil teratasi. Oke? Selamat mencoba. (www.malangpers.com)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *