Cara Buka Situs yang Diblokir Oleh Kominfo

Cara Buka Situs yang Diblokir Oleh Kominfo

Cara Buka Situs yang Diblokir Oleh KominfoIndonesia merupakan negara yang mempunyai masyarakat yang gemar menggunakan internet, lebih dari berjuta – juta situs setiap harinya yang di akses masyarakat indonesia. Dalam hal ini maka pemerintah terus mengupayakan internet yang sehat dan terpercaya di indonesia ini.

Tepatnya 17 Juli 2014 telah diberlakukan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika yang sesuai dengan Bab IV Pasal 5 tentang penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif ( Permen Situs Negatif ). Masyarakat turut serta melaporkan penyelahgunaan internet, terutama melaporkan situs yang bermuatan negatif. Haal tersebut sudah menjadi prioritas utam pemerintah, untuk mengupayakan cara berfikir yang positif generasi bangsa indonesia.

Untuk semua laporan dari masyarakat dan hasil filter kominfo ini kemudian akan di masukkan ke dalam databases TRUST+Positif. Dengan otomatis peperintah akan memblokir semua situs yang telah masuk pada data base tersebut. Satu sisi ini akan memberikan efek jera kepada pemilik situs dengan konten yang negatif.

Namun begitu jelas untuk kriteria situs mana yang mengandung konten negatif dan ilegal. Peraturan ini telah menimbulkan pro dan kontra tentang situs-situs yang masuk database, situs yang seharusnya tidak masuk ke dalam database TRUST+Positif, mungkin saja tiba – tiba akan terblokir. Terus abgaimana cara membuka website yang terlanjur terblokir kominfo atau untuk melaporkan tentah kesalahan blokir situs bisa melakukan pengajuan normalisasi sesuai dengan Permen Situs Negatif Bab VI Pasal 10 dan Pasal 16 sebagai berikut:

1. Pertama kamu harus melaporkan situs yang dimaksud via email kepada Direktur Jenderal atau melalui situs resmi pelaporan normalisasi Kominfo di alamat trustpositif.kominfo.go.id.
2. Setelah laporan normalisasi diterima, Direktur Jenderal akan menyelesaikan pengelolaan laporan dalam waktu paling lambat 1×24 jam sejak pelaporan normalisasi diterima.
3. Jika situs yang diblokir terbukti bukan merupakan situs dengan muatan negatif atau ilegal maka Direktur Jenderal akan: Menghilangkan situs tersebut dari database TRUST+ Positif.

Selanjutnya dengan melakukan komukasi kepada Penyedia Layanan Pemblokiran dan Penyelenggara Jasa Akses Internet ( ISP ) atas semua proses normalisasi yang sudah dilakukan. Kemudian melakukan pemberitahuan ( notifikasi ) secara elektronim atas hasil penilaian kepada pelapor normalisasi.

Nah, jika kamu mempunyai website dan pernah mengalami masalah diatas, sekarang kamu ikuti langkah – langkah tersebut untuk mengeluarkan situs kamu dari data base pemblokiran.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *