Benarkah Bluetooth Bahaya Bagi Kesehatan Tubuh ?

Benarkah Bluetooth Bahaya Bagi Kesehatan Tubuh ?

Benarkah Bluetooth Bahaya Bagi Kesehatan Tubuh ? – Jaman dulu orang menstranfer fille dengan menggunakan teknologi yang bernama infrared. Namun deng perkembangan teknologi, infrared mulai tergantikan oleh bluetooth yang cukup simpel dan tidak ribet.


Buetooth sendiri diklaim merupakan alat transfer file yang cukup canggih, namun ada yang mempertanyakan tentang keamnannya untuk kesehatan tubuh manusia. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita siamak bersama ulasan berikut ini :

Apakah Bluetooth Berbahaya Bagi Kesehatan?

Sama seperti teknologi nirkable lainya, Pola kerja bluetooth sendiri adalah dengan memaparkan gelombang atau dalam istilah kerennya gelombang radiasi. Seperti contohnya headset bluetooth yang terhubung dengan smartphone lewat teknologi buetooth. Pertanyaannya lagi, apakah radiasi dari headset Bluetooth ini akan memicu kanker?

Pada tanggal 31 Mei 2011, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa pengguna smartphone secara berlebihan bisa memicu masalah kesehatan. Bahaya ini bersumber dari cara kerja smartphone yang menangkap gelombang sinyal dari yang jaraknya puluhan mil. Namun untuk buetooth hanya bekerja pada jarak 100 kaki saja.

Terdapat pada perhitungan Specific Absorption Rate (SAR) yang menolelir berapa banyak radiasi aman diterima bagi tubuh pada frekuensi tertentu. Batas aman SAR dari smartphone adalah 1,6 watt (energi) per kilogram (berat tubuh pengguna) begitu yang terjadi di Di Amerika Serikat.

Dan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh William G. Scanlon dari Universitas Queen di Belfast mengungkapkan bahwa besaran SAR yang dihasilkan modul Bluetooth Ericsson hanya 0,001 saja? Kesimpulannya adalah bahwa Bluetooth aman bagi kesehatan manusia.

Bahkan para ahlipun menyarankan pada saat berkendara bisa menggunakan headset bluetooth lho. Alasannya , jika suatu saat ada telepon yang masuk, kita bisa secara otomatis mengangkatnya tanpa harus memegang smarphone terlebih dahulu.

Dari uraian di atas, unuk penggunaan bluetooth sangatlah baik untuk kesehatan kita. Jadi jangan kawatir ya guys.

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *