Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer

Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer

Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer – Istilah tentang Hacker dan Cracker computer sepertinya sudah sangat sering sekali kita dengar. Dari kedua istilah tersebut, sekilas jika kita mendengarnya pasti berhubungan dengan kejahatan computer seperti peretasan. Ini karena kedua istilah tersbeut memang sangat akrab sekali dengan tindakan-tindakan criminal terutama cyber crime. Alasan mengapa hacker dan cracker selalu dikaitkan dengan cyber crime adalah karena seseorang telah menyalahgunakan ilmu computer yang mereka dapatkan serta dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kepentingan jahat. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer.

Akan tetapi sebelumnya, tahukah kita bahwa sebenarnya kita selama ini bisa jadi salah memahami tentang arti dari hacker dan cracker tersebut, terutama untuk hacker. Istilah hacker dan cracker memang sangat familiar sekali, sayangnya masih banyak orang yang mengartikannya terbalik. Maksudnya, yang seharusnya dianggap cracker justru dikatakan hacker, dan yang seharusnya dikatakan hacker justru dianggap sebagai cracker. Jika kalian juga beranggapan sama seperti itu, maka itu artinya kalian mash belum mengerti dengan baik tentang Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer.

Hacker, masih banyak sekali orang-orang yang mengartikan kata hacker ini kepada seseuatu yang berbau kejahatan atau berkonotasi negetif. Hacker dianggap oleh kebanyakan masyarakat sebagai pelaku tindakan peretasan, pencuri data, pembobol computer jaringan otoritas, penyusup dan sebagainya asalkan itu masuk dalam cyber crime sudah dianggap sebagai hacker.

Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer
Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer

Sebenarnya di dalam ilmu computer yang baik dan benar, anggapan seperti jelas sangat salah kaprah dan tentu saja menyimpang dari makna yang sebenarnya. Justru secara garis besar, cracker lah yang memiliki makna negative sedangkan hacker adalah mereka yang berilmu computer tinggi dan memanfaatkan keahliannya untuk hal-hal kebaikan atau membantu perkembangan ilmu computer.

Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah perbedaan antara hacker dan cracker

Pengertian hacker

Hacker adalah sebuah perkumpulan atau seseorang yang memberikan tenaganya untuk hal-hal yang bermanfaat bagi perkembangan dunia computer. Seperti contohnya mengembangkan system opersi computer, membuat program yang bermanfaat untuk perkembangan dunia jaringan dan computer.

Dengan kata lain, hacker juga bisa dikatakan sebagai aktivitas yang bermaksud untuk mencari sebuah kelemahan pada suatu system yang lantas memberikan ide untuk memperbaiki kelemahan tersebut. Dengan begitu akan mencegah terjadinya aksi serangan kejahatan dari para cracker.

Pengertian Cracker

Kebalikan dari hacker, cracker adalah sebutan untuk seseorang atau kumpulan orang yang memiliki aktivitas dengan tujuan mencari kelamahan pada suatu system dan lantas memanfaatkan celah tersebut untuk memasukinya dan melakukan tindakan kejahatan seperti mencuri data, merubah data, menghapus data, membuat data menjadi rusak atau korup,. Menghancurkan data dan sebagainya yang sifatnya negative.

Jadi kesimpulannya adalah antara hacker dan cracker ini merupakan dua sisi yang sama-sama memiliki ilmu tingkat tinggi dalam dunia computer akan tetapi mereka berbeda tujuan. Hacker memanfaatkan keahlian mereka untuk melindungi sedangkan cracker memanfaatkan keahlian mereka untuk merusak suatu system berbasis computer.

Nah dari pengertian hacker dan cracker yang sudah kami jelaskan diatas, sepertinya kalian sekarang sudah tahu Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer. Dengan memahami kedua istilah itu dengan baik dan benar maka tidak akan ada lagi pemahaman yang salah kaprah. Seperti yang saaat ini masih terjadi di masyarakat tentang Apa Perbedaan Hacker dan Cracker Komputer. (www.malangpers.com)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *