4 Cara Terbaik Untuk Mengatasi Memori Card Yang Rusak

4 Cara Terbaik Untuk Mengatasi Memori Card Yang Rusak

4 Cara Terbaik Untuk Mengatasi Memori Card Yang Rusak – Setiap smartphone canggih saat ini mesti dibekali dengan memori ( micro SD ), yang berfungsi untuk menyimpan data – data penting. Meskipun saat ini banyak sekali memori internal besar dipasaran, namun masyarakat lebih memilih micro SD, karena lebih simple untuk menyimpat data pribadi yang tak terlalu besar.

Namun perlu diketahui jika setiap memori SD pasti pada suatu saat akan mengalami kerusakan, seperti contoh malasah memori tidak terbaca (damage), dengan memori yang tidak terbaca pastinya akan menyulitkan kita memindahkan data-data yang ada di dalam memori tersebut.

Dengan timbulnya amsalh tersebut pasti kamu jadi kebingungan. Nah sekarang jangan kawatir, disini saya akan membagikan 4 cara untuk memperbaiki masalah memory card tidak terbaca di Android
Yung langsung saja kita simak :

Cara 1: Membersihkan Kartu Memori

Langkah pertama untuk mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Jangan lupa untuk mematikan gadget terlebih dahulu. Kemudian bersihkan lempengan tembaga yang bewarna kuning dengan penghapus pensil (yang warna putih). Lalu gosok sampai bersih, kemudian masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori lalu periksa apakah sudah terbaca atau belum.

Cara 2: Melakukan Format dari Android

Masuk ke menu Setting > Storage. Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.

Cara 3: Cek Error dari PC

Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data. Lalu pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP). Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai. Terakhir eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

Cara 4: Format dari PC

Jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca di Android. Coba gunakan cara ini:

Buat folder baru di HardDisk, Kemudian beri nama yang mudah untuk emngingatnya. Setelah itu copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi. Jika semua sudah tersalin, kemudian format kartu memori tersebut. Sekarang kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi. Terakhir cek, apakan sudah bisa terbaca atau belum.

Cara diatas bisa anda lakukan dengan benar untuk memperbaiki kartu memeori pada smartphone anda jika swaktu – waktu mengalami kerusakan. Trima kasih sudah menyimak ulasan ini.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *